WE Online, Jakarta -

Direktur Barang Milik Negara (BMN) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan para investor swasta berencana akan menjadikan Jakarta sebagai kota wisata setelah Ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.

Encep menuturkan hal tersebut dilakukan karena pemerintah dan para investor ingin Jakarta tetap hidup dan ramai, salah satunya dengan membangun wisata berskala internasional seperti Disneyland hingga Legoland.

"Kita sudah undang para investor untuk sharing. Ada ide katanya Jakarta harus ada international brand soal wisata, karena di Indonesia belum ada Universal, Disneyland, Legoland," katanya di Kantor DJKN, Jakarta, Jumat.

Encep menyatakan pembangunan tempat wisata itu nantinya akan memanfaatkan gedung-gedung milik pemerintah sehingga ketika ibu kota pindah, maka negara tetap akan mendapat tambahan penerimaan dari aset tersebut.

"Kita ingin Jakarta hidup, jadi bukan hanya masterplan di IKN (Ibu Kota Negara)  tapi juga di Jakarta. Kita ingin mempertahankan aset-aset yang di Jakarta,” ujarnya.

Ia menyebutkan ada beberapa gedung pemerintahan yang telah diminati oleh investor seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) karena lokasinya yang strategis dan berdekatan dengan Mal fX Senayan.